Ciri khas kelinci ini adalah telinga panjang menjuntai kebawah . Kelinci Lop ada beberapa jenis. diantaranya Holland Lop, Fuzzy Lop, Mini Lop.

Holland Lop

Kelinci ini hidungnya pesek. Panjang telingan antara 10-13 cm. Nampak badung dan lucu, karakternya tidak liar. Kelinci ini muncul tahun 1949, dimana seorang peternak di Nederland, Andrian DeCock mengawinkan jenis Nederland Dwarf dengan jenis French Lop yang hasilnya jenis kelinci yang kita kenal Holland Lop. Kelinci ini dibawa oleh Peternak Amerika, Aleck Brooks III dan dikenalkan ada masyarakat Amerika Serikat pada Tahun 1979. Berat badan rata-rata 2 kg. Ciri lain pada badannya yaitu bahunya luas dan dada agak masuk ke dalam, sedangkan kakinya pendek dan besar sehingga nampak seperti anjing. Telinga yang menjuntai dan kumis yang khas membuat keunikan yang sulit ditemukan pada jenis kelinci lain. Warna bulunya beragam antara lain : hitam, abu-abu,putih,coklat,kombinasi 3 warna terkadang kuning kecoklat-coklatan ada pula yang memeliki bulu seperti kura-kura.

Fuzzy Lop

Kelinci ini pada dasarnya memiliki banyak kesamaan dengan hollad lop perbedaanya pada bulunya. Fuzzy Lop memiliki bulu yang lebih lebat, sedangkan Holland Lop bulunya tipis.
Mini Lop

Kelinci ini tergolong ras barau yang berasal dari Jerman, hasil perkawinan Holland Lop dengan Nederland Dwarf tahun 1982. Kemudian dikembangkan di Amerika Serikat sampai sekarang. Ciri khasnya pada badannya yang kecil , dimana bobotnya sekitar 1,8 kg.

Sumber materi : Internet, Buku kelinci -Fainz Manshur

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s