Kelinci jenis berasal dari Jerman yang banyak dikembangkan di Nederland, jenis ini sangat unit karena kebanyakan coraknya yang putih mulus dan bagian matanya dikelilingi warna hitam pekat. Matanya nampak seperti Ninja, sebagian tidak memiliki lingkaran hitam dibagian mata namun memiliki putih murni yang menggairahkan. Pada punggung terdapat warna hitam bergaris lurus dan beberapa titik hitam kecil disekitarnya. Beratnya umur dewasa hanya 1,4 – 1,8 kg.


Jenis ini tergolong agresif , larinya kencang, susah ditangkap dan cocoknya dipelihara sebagai hewan hias pada area kebun yang luas. Karena kelinci jenis ini suka melompat-lompat dan memutar badannya di udara.

Hotot jenis kelinci yang kurang jinak, namun jika dilatih dari kecil akan luluh juga. Saat masa kehamilan kelinci betina nampak galak dan gelisah. Kalau di pegang seringkali bunyi krukh….krukh.., ini tandanya takut dikawinkan lagi.

Keunggulan Hotot adalah kondisi fisiknya yang kuat. Mereka lebih tahan dari kematan dibanding jenis lain seperti Lop dan anggora yang agak rapuh. Hotot seringkali lolos dari kematian sekelipun sering mencret. Dengan pengobatan yang baik , Hotot akan cepat sembuh adri biasanya.

Kelinci ini sangat penyayang terhadap anaknya, pada beberapa kelinci saat melahikan anaknya, gagal merawat, tidak demikian dengan Hotot. Betina Hotot akan merawat anaknya penuh perhatian dan lebih pintar. Mereka sering kali menjilat dan mengelus-elus anknya menggunakan kaki depan.

Kelemahan kelinci ini tidak suka berdekatan dengan manusia, bila kita ingin mengelus kelinci ini lari menjauh dan lebih suka ditonton dari kejauhan, karakter ini bertolak belakang dengan rek.
sumber materi dari internet, buku “kelinci-faiz Manshur, kelinci Hias dan Daging -Sarwono”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s