19 JURUS MEMELIHARA KELINCI

Standar
Sebelum kita usaha ternak kelinci, barangkali uraian ini bermanfaat bagi yang mau beternak kelinci, beternak kelinci memang ada kendala dan beternak kelinci harusn dijadikan pendapatan keluarga. Ada beberapa jurus yang perlu kita pahami. Sebelum melakukan tindakan beternak, maka niat dan doa sangat diharuskan.
Jurus  19  sembilan belas  yang perlu kita lakukan :
  • Beternak kelinci harus mendapat dukungan dan restu dari keluarga.
Yang dimaksud dengan keluarga adalah orang yang  serumah, satu lingkungan yang dekat dengan kandang , karena keluarga  ini sangat mempengaruhi  kehidupan, kenyamanan  ternak kelinci
  • Memelihara kelinci unggul untuk memperlancar usaha ternak kelinci
Ini akan berpengaruh pada keturunan, ketahanan terhadap penyakit, ketahanan terhadap perubahan cuaca.Sehingga sangat penting dalam pemilihan bibit, usahakan mendatangkan kelinci dari penangkar kelinci.
  • Ciptakan kasih sayang pada binatang ternak.
Dengan kasih sayang, ternak kelinci merasa aman dan merasa terjaga dalam hal dari ancaman luar, sehingga aktivitas kelinci lebih merasa bebas dari ganguan
  • Catatlah setiap kejadian pada ternak kelinci.
Catatan ini meliputi,  silsilah, riwayat kesehatan, obat yang diberikan, cara pengobatannya, injeksi atau oral,  dan lainnya
  • Kesehatan ternak kelinci lebih pentng dari pada uang dari hasilternak kelinci.
Maksudnya adalah, kita jangan memburu kelinci demi uang, misalnya brindil  baru umur satu  bulan  induk pingin dikawinkan lagi biar cepat bunting, tetapi  mengabaikan kesehatan ternak indukan ( pada peranakannya)
  • Kandang dibuat senyaman mungkn buat tenak kelinci.
Kandang tidak harus yang bahan mahal, tetapi dapat bebasnya kelinci untuk bergerak, terutama untuk kelinci indukan, butuh kandang yang lebih luas, kita jangan memasung kelinci di kandang.
  • Mengawinkan kelinci setalah kematangan fisik, bukan dewasa kelamin
Kawinkan kelinci setelah betul betul kelinci secara fisik sudah siap kawin (untuk jenis flams umur 8 bulan) bila perkawinan dilakukan aena sudah dewasa kelamin ( umur 5 bulan) walau sudah minta kawin tapi jangan dikawinkan, karena secara fisik belum siap, dan akan mengakibatkan banyak brindil yang mati.
  • Memperbanyak kelinci dengan  melihat ternak dan kemampuan ternak.
Ini sangat penting, saat ternak menghadapi perubahan cuaca, disarankan untuk tidak mengadakan perkawinan agar kelinci bisa istirahat dan tangguh dalam menghdapi cuaca
  • Jangan mengawinkanternak kelici sedarah (sebapak, seibu, se kakek/nenek).
Ini untuk menjaga keunggulan kelinci, ini fungsinya kelompok, bisa untuk tukar menukar pejantan.
  • Mencatat jam, tangdal dan bulan dalam mengadakan perkawinan.
ini berfungsi untuk mempersiapkan kapan beranak dan jenis genitiknya yang akan diturunkan, dan bila memungkinkan, pada jam yang sama mengawinkan betina diatas empat ekor (ingat, satu jantan hanya boleh ngawini satu indukan) hal ini untuk mempermudah dalam penyusuan, misalnya induk ada yang beranak                    sepuluh, tapi ada yang beranak enam, nanti uang beranak enam ditambah brindil dari yang beranak sepuluh.
  • Mempersiapkan kandang untuk berkembang biak.
Mempersiapkan kandang untuk berkembang biak bukan kotak untuk anak, tetapi kandang yang memang digunakan untuk indukan guna beranak, melatih  brindil berjalan dan untuk induk juga bisa leluasa.
  • Memberikan sesuai dengan porsinya atau kebutuhannya.
Artinya brindil, kelinci muda, kelinci indukan dan pejantan berbeda beda kebutuhannya, misalnya untuk kelinci  indukan membutuhkan banyak pospor dan kalsium dan disaat kebuntingan tua banyak membutuhkan hijauan segar.
  • Memanfaatkan air kencing dan kotorannya yang lebih bermanfaat,
Biasanya digunakan untuk  pertanian, kerajinan dan lainnya.
  • Ternak kelinci merupakan bagian hidup dalam keluarga.
Bahwa dengan ternak kelinci, sebenarnya tambahan anggota keluarga yang berujud ternak, sehingga ternak lapar sama saja anggota keluarga kita lapar, termasuk  sakit.
  • Bertukan pengalaman sesama anggota  ternak kelinci.
tujuan dari ini adalah agar pengalaman dari berbagai peternak dapat dikembangkan dan diambil manfaatnya,sehingga bila terjadi di pe, kita sudah punya ilmunya yang dari pengalaman peternak lain.
  • .Kelinci menjadi manfaat di lingkungan keluarga kita.
Dengan kehadiran kelinci, tentu tujuannya ada manfaatnya, mendatangkan penghasilan, sebagai peningkatan status sosial, sebagai kesenangan (hobies).
  • Mengusahakan ternak kelinci yang dapat dijual karena tambahan nilai
Terutama beternak yang tujuannya untuk pendapatan keluarga
  • Tukar pengalaman dan peningkatan ilmu tentang ternak kelinci
Untuk mengurangi kejunuhan dan menambah motivasi baru dalam beternak.
  • Ikut dalam paguyuban yang bertujuan dan visi serta misi yang jelas untuk memperlancar usaha ternak

3 responses »

  1. saya suka dengan kelinci dan saya memiliki 6 ekor tapi dengan sistem perkawinan yang tidak baik kalau seibu atau sebapak sedangkan itu satu keturunan dan tetangga tidak da yang punya terus harus gimana?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s