Kelinci jenis ini dianggap mesterius asal usulnya, karena sebagian orang beranggapan bahwa kelinci ini berasala dari Perancis yang dibawa oleh Pelaut Inggris tahun 1923, lalu 1977 kelinci ini berkembang di Eropa Barat dan 1990 banyak di ternakan di Amerika Serikat. Lama kelamaan asal usul kelinci ini mulai terungkap dari TURKI, karena dikaitkan dari hasil penelitian bahwa kelinci jenis ini menyerupai jenis kucing dan kambing Anggora yang berasal dari Angkara- TURKI

Jenis kelinci ini ada 3 macem ( sumber : http://www.animalworld.com ) :
~ Anggora Inggris : kelinci ini jenis anggora yang paling unik , karean hampir seluruh bulunya menutupi semua anggota badan, sehingga tidak dapat membedakan antara telinga dan wajahnya. Anggora Inggris sangat tenang pembawaannya, jenis kelinci beratnya kira-kira 3,5 kg, untuk dipeihara bagusnya 2,7 kg.

~ Anggora Perancis : kelinci tidak memiliki buu pada kepala, wajah dan telinga atau bagian depan kakinya. Sisa tubunya memiliki bulu agak kasar dan mudah gimbal. Bulu jenis kelinci ini mudah dirawat, bobotnya bisa mencapai antara 2,8 – 4,5 kg. 4 Kg bobbot idealnya .


~ Anggora Satin : Jenis kelinci ini Bulunya berkilauan dan halus, tidak memiliki bulu pada bagian kepala, wajah, telingan dan bagian depan kaki seperti Anggora Perancis

~ Anggora Giant : Jenis kelinci sangat unik untuk ukuran bobotnya bisa lebih dari 4 kg. Untuk Kontes jenis ini harus benar-benar putih dan bulunya yang tebal.

Jenis kelinci Anggora banyak disukai orang karena bulunya yang tebal, dimana pertumbuhan buunya 2 cm tiap bulan. Kelinci ini agak lemah fisik, dicurigai karena hasil rekayasa genetika dengan jenis-jenis lain. Syarat memelihara kelinci ini harus menyisir dan memotong bulunya yang menggumpal. Pemberian makanan Hay wajib untuk mengurangi bulu yang menggumpal.
( sumber dari Internet, Buku Kelinci -Fainz Mansyur, Kelinci Hias dan daging- Sarwono )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s